Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Hattrick Story- Scarpa -Dedikasi Cinta Dari Sardinia


www.hattrick.org


Hattrick, adalah sebuah permainan game manajemen bola, namun demikian yang menjadi daya sehingga para pemainnya banyak bertahan adalah komunitas yang ada didalamnya, menemukan kenalan baru baik lokal maupun dari internasional.  

Scarpa, adalah seorang manager asal Sardinia, Italia yang selama bermusim-musim mendedikasikan waktu dan usahanya untuk membangun timnas Indonesia, berikut hasil petikan wawancara dengannya.  Ia menuturkan pengalaman dan ceritanya terkait tim, perjuangannya di komunitas Indonesia, serta harapan dia kedepan.

1. Kapan kamu bergabung dengan Hattrick dan dari mana kamu mengetahuinya?

Saya bergabung dengan HT di Bulan Desember 2007, kala itu sedang hit-hitnya permainan/ game online.  Saya dan teman saya mencari permainan via browser tentang sepakbola.  Kami juga tahu bahwa CHiellini katanya bermain HT juga saat itu maka kemudian kami mendaftar.

Namun setelah setahun berlalu hanya saya yang masih punya akun HT. 🤣

2.Wow, luar biasa "Chiellini"... jadi temanmu hanya berthan setahun, kenapa dia tidak melanjutkan tetapi kamu masih bertahan bahkan hingga sekarang?

Saya kurang tahu pasti, teman saya bilang gamenya kelamaan, main hanya dua minggu sekali dsb..

Sementara saya senang melakukan analisa, perhitungan, rencana jangka panjang.  Namun demikian saya akui bahwa saya juga bermain tidak terlalu intens di dua tahun pertama...

3. Hmm OK, dan sekarang sudah lebih dari 13 tahun dan kamu masih bermain... apakah ada rencana kapan kira-kira akan pensiun dari HT, ataukah kamu akan bermain selamanya..?

Mungkin saya akan bermain selamanya, namun siapa yang tahu yang akan terjadi.

Pastinya saya tidak akan memaksa diri saya untuk tetap bermain.  Saya akan tetap bermain selama ini masih menyenangkan.

4.  Setelah sekian lama bermain, menurut kamu apa faktor utama untuk bisa sukses di Hattrick?

Ada banyak faktor penentu tapi yang paling utama adalah:

- Menghasilkan uang, and I'm talking about ST only, namun juga harus cerdas dalam mempertahankan harga pemain terbaikmu atau yang saat ini sedang kamu latih.

- Mengetahu mekanisme standar ME dalam rangka tidak membuang-buang uang klub mu untuk membeli pemain yang tidak sesuai kebutuhan.

Faktor lain seperti manajemen TS, pengelolaan staff dan pelatih juga penting namun rate nya dibawah dua faktor sebelumnya sebab ini juga terkait  dengan target musiman/ target jangka panjang..

5. Sangat menarik, Sepanjang yang saya tahu, kamu juga terkait erat dengan Indonesia untuk sekian musim.. kenapa Indonesia?

Itu karena  fruidoz. Kami adalah rekan kampus dan bahkan tinggal di alamat yang berdekatan. Dia adalah asisten  aandeweg (Pelatih Timnas Indonesia) di tahun 2013 maka kemudian aku bergabung didalam komunitas Indonesia dan dua tahun kemudian aku membangun tim di sana,.

Tidak ada alasan atau motivasi khusus kenapa saya memilih Indonesia. Namun demikian saya merasa beruntung saya menemukan komunitas yang aktif dalam bermain..

6. Apakah ada faktor lain selain keaktifan komunitas dalam pengembangan pemain Timnas. Apa targetmu dalam tahap awal pembangunan Timnas.

Ya, saya melihat sesuatu yang menarik di Pengembangan timnas Senior/U21.  Namun sekarang motivasi saya menurun karena faktor usia.  Sangatlah sulit untuk mengelola segala hal sesuai yang kita rencanakan atau harapkan.  Terlalu banyak waktu dan usaha yang harus diluangkan untuk itu. Target awal saya adalah membuat NT yang kuat dengan struktur pengawasan dan pemanduang yang jelas dan ketat.  Namun dikarenakan kurangnya pembeli yang komitmen dan sesuai harapan membuat rencanaku berantakan.

7. Apakah saat ini kamu masih berhubungan dengan timnas Indonesia?

Saat ini saya tidak terlibat. Benitexz hanya meminta database pemain muda dan saya sudah memberikan kepadanya. Yang paling saya lakukan adalah memberi saran latihan pada manager yang membeli pemain Indonesia yang saya rekomendasikan dalam beberapa tahun terakhir ini.

8. Menurut kamu apakah Indonesia punya peluang untuk melangkah jauh di Piala Dunia, jika iya bagaimana peluangnya ?

 Dengan format baru sekarang saya kira Indonesia bisa masuk ke ke putaran Final semua level piala dunia, setidaknya akan sampai babak 1.  Indonesia bisa setidaknya berada di puncak untuk zona asia/oseania.

Sayangnya saya hanya berhasil lolos satu kali dari enam kali saya menjabat.  Ada faktor-faktor kurang beruntung terlibat, namun saya tahu semua pemain sejak mereka masih di akademi.  Terkadang kita juga kehilangan peluang karena para pemilik pemain kurang bekerjasama dalam membina, terkadang melatih tidak sesuai harapan atau juga tidak ada yang mau membeli pemain yang prioritas. Sebuah tim yang dikhususkan untuk melatih pemain timnas (farm team) adalah salah satu faktor untuk mengisi kepingan hilang untuk meraih keberhasilan di tingkat NT.

9. Sekarang tentang komunitas Indonesia, setelah beberapa musim bermain di liga Indonesia siapa menurut kamu manajer Indonesia yang menjadi saingan terkuatmu?

Secara umum tidak ada lawan yang terus menerus menjadi lawan kuat sebab mereka berganti-ganti membangun kekuatan dalam 3-4 musim terakhir.

Namun saya kira manager Murian (siapa yang namanya "pelatih"?) adalah tim terkuat di Ligina dan manager Bali diamond (nichrue) berada satu langkah dibelakangnya namun dalam beberapa musim ke depan akan jadi yang terkuat karena pemainnya saat ini masih muda.

Untuk beberapa musim sebelumnya saya berkompetisi dengan joelinden yang mengalahkanku dua kali berturut-turut di musim pertama saya di Ligina dan tentunya akang yang membangkitkan momen-momen perjuangan menjadi yang terbaik.

Sekarang saya melihat beberapa tim yang mulai berkembang seperti Rotor yang baru saja mengalahkan saya di Cup, tim dengan power rating terbaik saat ini.

Saat ini saya sedang membangun ulang tim saya, sebab secara rating dan pengalaman sudah tidak ada kemajuan.  Saya juga mencoba untuk menambah penghasilan untuk mulai membangun ulang tim saya sebab saat ini secara hatstat saya kurang puas tim saya berada di peringkat5-6.

OK Terimakasih utnuk waktunya dan sukses selalu ya.

Post a Comment

0 Comments

Daftar Pemain Yang Di Blacklist